Konsep Membangun Infrastruktur Jaringan Komputer
A. PENDAHULUAN
Sudah banyak sekali kita melihat dan memakai jaringan internet, seperti wifi sekolah, warnet, ataupun wifi rumah. dan untuk membangun infrastruktur jaringan tadi dibutuhkan orang yang bisa, perangkat jaringan, dan pengguna/user.
Dan untuk membangun infrastruktur ini pun tidak sembarangan, harus ada Koordinasi dengan pelanggan, survey tempat, mencari perangkat yang tepat, dan lainnya. maka dari itu kita akan mempelajari bagaimana membangun infrastruktur tersebut.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Berdiskusi mengenai bagaimana kita membangun sebuah jaringan internet komputer, entah di sekolah, rumah, ataupun di perkantoran.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
- Pengertian, maksud dan tujuan
- Target tujuan
- Hasil yang diharapkan
- Langkah awal pekerjaan
- Mendengarkan permasalahan
- Survey tempat
- Mencari referensi
- Membuat konsep perencanaan awal
- Sinkronisasi perencanaan awal
- Pelaksanaan pekerjaan
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Memahami bagaimana kita membangun suatu jaringan internet. sehingga kita tau lingkup pekerjaan dan tlangkah-langkah membangun jaringan internet.
E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
Berdiskusi bersama-sama
F. ALAT DAN BAHAN
G. TAHAPAN PELAKSANAAN
- Pengertian, maksud dan tujuan
Hal pertama yang dilakukan adalah mencari tahu pengertian, misalnya kitak diminta membuat apa. apakah menyambungkan komputer ke internet, membuat jaringan lokal dengan server, atau yang lainnya.
Setelah mengetahuinya, kita tetap terus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai proyek ini. misalnya jumlah pengguna/user, luas ruangan/cakupan, wireless atau wired, jumlah ruangan, dan lainnya. intinya kita cari tahu informasi sebanyak mungkin.
- Target tujuan
Kemudian kita menentukan target yang akan kita lakukan. misalnya menyambung komputer ke internet, membuat server atau yang lainnya. sehingga kita tahu hal apa yang harus kita lakukan, ruang lingkupnya, dan juga tanggung jawabnya.
- Hasil yang diharapkan
Selain mengetahui target kita, tentang apa yang akan kita lakukan. kita juga harus tahu untuk apa sih kita membuat proyek ini. misalnya supaya bisa terhubung ke internet, tempat menyimpan data (server), atau yang lainnya. sehingga kita akan menyesuaikan perangkat, model jaringan dan lainnya
- Langkah awal pekerjaan
Setelah kita mengetahui pengertian, maksud tujuan, target dan hasil, searang adalah langkah awal. mulai dari mendengarkan masalah, survey tempat,mencari referensi, membuat konsep awal, dan sinkronsasi alias laporan ke atasan.
mulai dari yang pertama yaitu mendengarkan masalah, kita harus mencari tahu dimana hal yang masih menjadi masalah alias belum selesai, dan apa solusi yang harus kita lakukan. kita juga harus mengetahui ruang lingkup dan tanggung jawab kita.
Kemudian kita harus survey ke tempat atau lokasi. kita harus tahu bagaimana kondisi lingkungannya, jumlah pengguna, model topologi jaringan yang cocok, jumlah ruangan, perkiraan jumlah perangkat dan lainnya. kita juga harus mencari tahu sedalam mungkin mengenai tempat lokasi kita, supaya kita langsung bisa beraksi jika sudah tiba di lokaso tersebut.
Setelah kita tahu bagaimana tempat lokasi kita, barulah kita mencari referensi dari model jaringan yang ingin kita buat, dan mulai membuat simulasi jaringan tadi di packet tracer atau di corel, atau software lainnya. sehingga setidaknya kita tahu gambaran dari jaringan yang ingin kira buat.
Dan yang terakhir adalah membagi tugas di kelompok kita, misalnya aku bagian ini, kamu bagian itu, dia bagian ini, dan lainnya. sehingga kita tidak berebutan saat melaksanakan tugas, dan mengetahui tanggung jawab masing-masing.
- Pelaksanaan pekerjaan
Nah, setelah kita merencanakan mulai dari pengertian, maksud tujuan , target dan hasil, gambaran rancangan, survey tempat, permasalahan dan yang lainnya, barulah kita menyiapkan perangkat apa saja yang dibutuhkan, mengkonfignya, dan kemudian memasangnya.
Dan karena kita sudah menyiapkan perencanaan sebelumnya, kita tinggal mengikuti rencana tersebut. sehingga kita dapat memasang-masang perangkat ini dengan cepat, dan tidak perlu waktu lama-lama, karena sudah direncanakan sebelumnya.
- Pengujian
Setelah kiranya jaringan sudah kita pasang, barulah kita masuk ke tahap uji coba. mulai dari test ping, dan juga test koneksi antar pc dan dari pc ke internet.jika di tahap ini jaringan kita masih mengalami masalah, maka kita harus memperbaikinya.
- Pengembangan
Yang terakhir adalah pengembangan. misalnya seperti menambahkan server, menambah bandwith ataupun menambah network baru. sehingga jaringan internet yang kita puny tidak hanya berhenti di situ saja, tetapi terus berkembang menjadi lebih baik.
H. TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.
Setelah kita memahami konsep diatas, kita coba membuat studi kasus. kita coba membuat jaringan internet di sekolah, kita mulai dari pengertian, maksud & tujuan, Target, hasil, langkah awal dan pelaksanaan.
Dan ternyata kita kurang dalam perencanaan dan pengorganisasian. kita memang sudah tahu pengertian, maksud tujuan, langkah awal dan pelaksanaan. namun saat melaksanakannya tim kita kacau karena kurangnya perancanaan dan pengorganisasian.
Solusinya , lain kali saat ada study kasus atau turun langsung ke pekerjaan, kita harus mengatur anggota tim kita. mulai dari tugasnya, ruang lingkupnya , tanggung jawabnya. sehingga kita tidak kroyokan saat melakukan suatu tugas.
I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
Saat kita bekerja, sebagian besar kita bergantung ke soft skill. mulai dari bertanya, survey tempat, sinkronisasi, dan lainnya. dan hanya sebagian kecil dari pekerjaan yang bergantung ke hard skill, seperti pemasangan dan pengkonfig-an. oleh karena itu soft skill sangat penting bagi kita di dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari.
J. REFERENSI
- Diskusi bersama
K. TARGET WAKTU
0 Komentar