Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Seelum Bekerja

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bekerja

A. PENDAHULUAN

a. Pengertian

    Bekerja adalah melakukan kegiatan untuk mendapatkan hasil tertentu. misalnya kita menyapu tujuannya untuk bersih, kita olahraga supaya badan sehat, kita mandi supaya badan bersih dan lainnya. kegiatan-kegiatan tersebut sudah dapat dibilang bekerja, karena merupakan kegiatan yang dilakukan demi mendapatkan hasil tertentu


b. Latar Belakang Masalah

    Untuk melakukan pekerjaan, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. entah dari alat dan bahan , maupun kesiapan diri kita sendiri. untuk melakukan pekerjaan, diri kita harus siap dengan pekerjaan tersebut. mulai dari kemampuan, inisiatif, soft skill, dan lainnya. 

    karena itulah kita akan mendiskusikan persiapan-persiapan itu kali ini, sehingga kita dapat mempersiapkan diri kita untuk pekerjaan yang akan kita hadapi.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

Mendiskusikan persiapan-persiapan yang harus kita miliki ketika ingin bekerja.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

- Apa itu bekerja

- Hal-hal yang harus diperiapkan ketika bekerja

- inisiatif

- Employabilty skill


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Mempersiapkan diri kita untuk siap bekerja.


E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

- Diskusi bersama-sama




F. ALAT DAN BAHAN

G. TAHAPAN PELAKSANAAN

- Apa itu bekerja

    Bekerja adalah melakukan suatu kegiatan demi mendapatkan hasil tertentu, misalnya kita bekerja untuk mendapatkan uang, berwirausaha untuk mencukupi kebutuhan, bahkan kegiatan-kegiatan sehari-hari juga bisa dibilang bekerja. misalnya olahraga agar tubuh sehat, membersihkan rumah agar rumah bersih, memasak makanan untuk dimakan, dan lainnya.

    pekerjaan dapat berasal dari diri kita sendiri maupun dari luar diri kita, dari diri kita sendiri misalnya olahraga, menyapu, mencuci, memasak, dan lainnya. dari luar diri kita misalnya bekerja di perusahaan, bekerja untuk suatu organisasi, bekerja di kantor , dan lainnya. dimana pekerjaan tadi bukan diri kita yang menentukan namun pekerjaan yang diberikan orang lain ke kita.

    Kita tidak bisa membawa urusan pribadi ke pekerjaan, misalnya kita sedang ada masalah dengan teman kita, dimana kita sedang bertengkar dengannya. namun di pekerjaan kita haru mengsampingkan urusan tadi, kita harus tetap bekerja secara profesional layaknya kita tidak pernah ada masalah sebelumnya.

    Kita juga tidak bisa bekera jika tubuh dan pikiran kita tidak sehat. karena menurut undang-undang sendiri memang dilarang untuk memperkerjakan orang yang tidak sehat. karena itulah kita harus menjaga kesehatan kita, entah itu tubuh dan badana kita, ataupun pikiran dan mental kita. karena kita tidak bisa bekerja jika tubuh atau pikiran kita tidak sehat.


- Hal-hal yang harus diperiapkan ketika bekerja

    Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan sebelum bekerja. kia harus menyiapkan hal-hal ini sebelum bekerja , sehingga jika kita bekerja nanti kita sudah benar-benar siap, tidak ada hal yang masih menjadi hambatan atau ganjalan bagi kita. dan kita bsa bekerja secara aman nyaman dan profesional.

    Hal utama yang harus dipersiapkan ketika bekerja adalah sikap inisiatif, yaitu sikap dimana kita memiliki maksud tujuan untuk melakukan pekerjaan tanpa harus disuruh terlebih dahulu. kita harus inisiatif untuk melakukan pekerjaan tersebut, bukannya menunggu untuk disuruh tuntuk melakukannya.

    inisiatif juga merupakan aspek pertama dari employability skill , yaitu skill atau kemampuan yang wajib dimiliki oleh pekerja. aspek-aspek employability skill terdiri dari soft skills , yaitu skill-skill atau kemampuan yang jarang diperhatikan dan tidak terlihat namun berpengaruh besar dalam kesuksesan hidup kita. dalam kesuksesan kita 80% ditentukan dari soft skill kita dan 20% nya lagi barulah dari hard skill kita. karena itulah kia harus mengasah soft skill kita.


- Employabilty skill

    Employability skill adalah kumpulan soft skills yang wajib dimiliki oleh pekerja. aspek-aspek employability terdiri dari soft kills alias kemampuan yang jarang diperhatikan namun berperan besar dalam kesuksesan hidup kita.

    Dengan memiliki employabiliy skill, diharapkan kia akan memiliki performa kerja yang baik dan profesional. ada 8 aspek employability skill seperti yang ada di piramid ini :


    skill-skill tersebut harus dikeuasai secara keseluruhan dan tidak bisa hanya menguasai beberapa aspek saja. karena aspek-aspek yang berada di bawah merupakan dasar / tiang atau penyangga yang akan menopang aspek-aspek diatas nya. jika kita hanya menguasai aspek-aspek atas dan memiliki penyangga yang tidak kuat , kita pasti akan roboh. karena itulah kita harus menguasai dari dasar terlbih dahulu baru ke atasnya lagi dan seterusnya.

1. Inisiatif

    Inisiatif adakah keadaan dimana kita termotivasi atau terdorong untuk melakukan kegiatan tanpa harus disuruh terlebih dahulu. misalnya kita meminta pekerja tanpa menunggu disuruh, kita punya inisiatif untuk membuka wirausaha, atau hal-hal keci seperti membersihkan rumah ketika tahu keadaannya kotor, berolahraga ketika merasa kurang enak badan, membantu teman kita yang butuh bantuan, dan lainnya.

2. Manajemen diri

    manajemen diri alias mengendalikan diri kita sendiri adalah pengendalian atau kontrol terhadap perilaku kita, hal-hal yang kita lakukan, kegiatan yang akan kita lakukan, kegiatan yang harus kita lakukan, dan lainnya. sehingga kita memiliki kendali penuh terhadap diri kita sendiri, bukan malah dikendalikan oleh sifat malas kita.

3. perencanaan dan pengorganisasian

    Kita haru bisa membuat rencana dan mengorganisasikan kegiatan yang kita lakukan, misalnya jangka waku, tugas-tugas yang dilakukan, tujuan dan latar belakang kita melakukannya, target yang kita harapkan, dan lainnya.

    sehingga kita melakukan pekerjaans secara jelas dan terorganisir, memiliki tujuan fan latar belakang yang jelas, memiliki target yang jelas, memiliki perencanaan kegiatan, memilik target waktu , dan lainnya.

4. Mengiluti dan menggunakan teknologi

    yaitu skill dimana kita dapat menggunakan teknologi yang ada disekitar kita dalam melakukan pekerjaan. sehingga kita bukan menjadi orang yang keinggalan zaman dan tidak bisa menggunakan teknologi, namun kita bisa memaksimalkan penggunaan teknologi di sekitar kita, seperti hp, laptop, internet, google, dan lainnya.

5. selalu belajar

    yang selanjutnya adaha terus belajar, kita harus terus belajar hal-hal beru yang ada. sehingga kita terus update informasi dan penngetahuan yang sedang terjadi. kita juga haru terus belajar hal-hal baru di bidang kita karena ilmu pengetahuan berkembang pesat seiring jalannya waktu.

6. komunikasi

    komunikasi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan apa yang kita pikrikan dan rasakan. karena dasarnya orang tidak tahu apa yang kita pikirkan dan rasakan , karena itulah kita harus mengkomunikasikannya.

7. team work

    kita harus bisa bekerja secara tim, dan bukan secara individual. kita harus ahu bahwa manusia itu makhluk lemah, kita tidak bisa melakukan apapun sendirian, kita haru melakuaknnya secara berkelompok alias bersama-sama. jika kita tidak memiliki kemampuan team work lalu gimana. karena itulah kita harus mengasah kemampuan team work kita,

8 . problem solving

    yaitu skill memecahkan masalah yang kita hadapi, dan bukan lari darinya. kita harus memiliki skill ini sehingga kita dapat menyelesaikan masalah yang kita hadapi, dan bukan malah lari darinya.


H. TEMUAN PERMASALhAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.

I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

    Bekerja adalah kegiatan yang dilakukan demi mendapatkan hasil tertentu. pekerjaan dapat berasal dari diri kita sendiri maupun dari luar diri kita / external. contoh yang dari diri sendiri adalah wirausaha, berdagang, dan lainnya. dan conoh yang dari luar adalah bekerja di suatu perusahaan/organisasi.

    Untuk melakukan pekerjaan kita harus menyiapkan diri kia sendiri, mulai dari alat bahan dan juga sikap dan perilaku kita. kita tidak bisa bekerja kalau perilaku kita masih egois alias hanya memikirkan diri sendiri. saat bekerja kita tidak bisa membawa masalah atau pekerjaam pribadi ke urusan pekerjaan. kita harus dapat memisahkan diantara keduanya dan menjadi pekerja yang profesional.

    Hal utama yang harus dipersiapkan ketika bekerja adalah sikap inisiatif, yaitu sikap dimana kita melakukan pekerjaan didasari diri kita sendiri alias tanpa perlu disuruh terlebih dahulu. kita harus memiliki inisiatif untuk melakukan pekerjaan tanpa harus disuruh telebih dahulu. hal-hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah employability skill kita, soft skill kita, sikap kerja kita, SOP kita dan kompetisi kita.


J. REFERENSI

- Kegiatan diskusi hari ini


K. TARGET WAKTU

6 jam




Posting Komentar

0 Komentar