SKKNI 234 SOFT SKILLS - 2020

SKKNI 234 SOFT SKILLS - 2020





A.PENDAHULUAN

a.Pengertian

skkni merupakan kepanjangan dari standar kompetisi kerja nasional indonesia. jadi dokumen tadi merupakan dokumen yang menjadi acuan kerja nasional bagi negara indonesia. 

sedangkan skkni soft skill yang akan kita bahas kali ini merupakan standar soft skill yang harus dimiliki pekerja terutama di bidang informasi teknologi. jadi, skkni ini merupakan yang menjadi acuan alias dasar untuk soft skill yang harus dimiliki oleh para pekerja.


b.Latar Belakang Masalah

saat ini persaingan kerja sangatlah ketat, oleh karena irulah kita juga harus ikut bersaing didalamnya. dan untuk melakukannya kita memerlukan yang namanya soft skill, karena soft skill sangat berguna untuk mendapatkan pekerjaan , khususnya employability skill.

oleh karena itulah halaman ini akn membahas mengenai skkni soft skill yaitu dokumen yang menjadi acuan alias dasar mengenai soft skill yang harus dimiliki pekerja, agar kita mengetahui soft skill apa saja yang kita butuhkan untuk bersaing di dunia kerja.


B.MAKSUD DAN TUJUAN

untuk memahami isi dan maksud dari skkni soft skill 234  dan juga mengimplementasikannya alias mempraktikannya didalam kehidupan sehari-hari.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

- apa itu skkni

- penggunaan skkni

- standar soft skill yang harus dimiliki pekerja


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

dapat mengetahui standar soft skill ynag dibutuhkan pekerja dan juga dapat memiliki soft skill tersebut


E.METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

mendiskusikan referensi bersama-sama kemudian memahami dan juga mempraktikannya.




F.ALAT DAN BAHAN

- referensi

- tim diskusi


G.TARGET WAKTU

08:00 - 16:00


H.TAHAPAN PELAKSANAAN

- apa itu skkni

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

jadi intinya skkni merupakan suatu rumusan yang dialamnya berisi mengenai beberapa soft skill yang  menjadi standar yang harus dimiliki pekerja. skkni disusun oleh kementerian ketenagakerjaan repunlik indonesia bersama perusahaan-perusahan yang bersangkutan. sehingga menghasilkan rumusan yang benar-benar resmi.


- penggunaan skkni

skkni digunakan sebagai standar bagi seluruh pekerja indonesia , sebagai standar dalam perekrutan, dan juga sebagai acuan dalam menyelenggarakan pelatihan kerja. hal ini diakrenakan skkni merupakan suatu standar yang bertingkat nasional alias seluruh repbulik indonesia memakai standar ini di perusahaan mereka.

skkni juga bermanfaat untuk para pekerja sehingga mereka mengetahui standar apa saja yag harus mereka miliki. kemudian menyiapkan diri mereka untuk memiliki standar-standar tadi dalam diri mereka.

intinya skkni digunakan sebagai acuan alias dasar dalam menilai seorang pekerja. sehingga kita harus mengetahui standar tersebut dan menyiapkan diri kita untuk memiliki standa-standar tadi didalam diri kita.


- standar soft skill yang harus dimiliki pekerja

1. Membangun konsep diri yang positif dalam bekerja=>

kompetisi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja untuk membangun diri yang positif dalam bekerja. jadi kita harus memiliki pikiran, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang positif dalam bekerja.

seperti menyukai pekerjaan yang kita miliki, berteman dengan baik bersama teman kerja , bersikap baik dengan atasan,dan juga siap menerima pekerjaan dari bos. kita juga harus siap menerima kritikan dari atasan , dapat megatur waktu dengan baik dan juga bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan kepada kita.


2. meningkatkan kemampuan pengelolaan waktu sesuai tuntutan pekerjaan

kompetisi ini berhubungan dengan mengatur waktu ketika bekerja sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan tepat waktu. kita juga harus dapat mengatur waktu pribadi kita , seperti kapan kita tidur, makan ,sholat sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang kita miliki.


3. Memiliki Intergritas sebagai tenaga kerja profesional

kita juga harus dapat bekerja secara profesional alias ahli. sehingga kita dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan juga tepat waktu. sesuai tugas yang kita miliki. saat kita dapat bekerja secara profesional, atasan kita pasi menyukainya sehingga kita dapat mempertahankan pekerjaan yang kita miliki.


4. mengembangkan kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi

kita juga harus memiliki kemampuan berfikir kritis dan juga memiliki kompetisi problem solving. sehingga kita dapat berfikir dengan efektif dan dapat menyelesaikan masalah yang kita temui dalam pekerjaan dan juga dapat menyelesaikan masalah tadi. karena jika kita tidak memiliki kemampuan menyelesaikan masalah alias problem solving kita akan kebingungan sendiri ketika dihapi masalah dalam pekerjaan kita.


5. membentuk tanggung jawab dan komitmen dalam bekerja

tanggung jawab sangat diperlukan dalam menjalani sebuah tugas yang diberikan, karena jika kita tidak memiliki tanggung jawab dalam tugas yang diberikan kepada kita, kita pasti akan mengabaikannya atau melempar tanggung jawab yang kita miliki.

kita juga harus memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas tersebut. seperti komitmen untuk menyelesaikan tugas tersebut, target waktu dalam menyelesaikannya dan juga kualitas hasil yang kita inginkan.


6. meningkatkan standar etika dan etiket di lingkungan bekerja

etika merupakan sikap atau perilaku yang didasarkan lingkungan sekitar. sedangkan etiket merupakan sikap atau perilaku yang berasal dari hati nurani diri sendiri. dan didalam pekerjaan , kita harus memiliki etika dan etiket yang baik agar tercapai sebuah keharmonisan dalam pekerjaan dan juga jika kita memiliki etika dan etiket yang baik, orang lain pasti akan menghormati kita.


7. membangun ketekunan dalam bekerja

saat kita bekerja tentu kita harus memiliki ketekunan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepada kita alias kita harus bersungguh-dungguh dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepada kita. sehingga orang yang memberikan kita tugas akan mempercayai kita dan memiiki kepercayaan terhadap diri kita.


8. membangun kemampuan berinisiatif falam bekerja

yang selanjutnya adalah berinisiatif dalam bekrja , artinya kita harus melakukan tugas-tugas yang ada tanpa harus menuggu perintah . sehingga orang-orang akan menganggap kta adalah orang yang rajin dan memiliki kepribadian yang positif.


9. mengembangkan kemampuan menghadapi tantangan di tempat kerja

selain berinisiatif untuk mengerjakan suatu pekerjaan tanpa harus disuruh, kita juga harus meningkatkan kemampuan kita dalam menghadapi tantangan yang diberikan kepada kita. sehingga ketika kita diberikan tantangan , kita akan dapat melaksanakannya dengan baik dan efisien. bukan malah takut untuk mengambil tantangan yang diberikan tersebut.


10. membangun kemampuan dalam pengelolaan emosi di tempat kerja

kita juga harus pintar dalam mengatur eosi apabila ada teman kerja yang memiliki sifat kurag baik dan juga harus dapat mengatur emosi apabila mendapat kritikan oleh atasan. sehingga kita dapat menjalani pekerjaan yang kita miliki tanpa menurunkan kinerja kita hanya karena emosi.


11. menerapkan inklusif dan kesetaraan hak di tempat kerja

kita juga tidak boleh rasis terhadap teman kerja yang berbeda dengan kita. dan juga harus menyetarakan antara hak dan kewajiban antara teman kerja. 


12. menerapkan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kerja

sela kita yang harus menghindari kekerasan seksual, kita juga harus mencegah orang lain untuk melakukan kekerasan seksual. karena kita juga harus peduli dengan orang lain apalagi teman kerja sendiri.


13. menerapkan penegahan tindak perundungan (bullying) di tempat kerja

selain mencegah kekerasan seksual kita juga harus mencegah tindak bullying yang mungkin terjadi di lingkung kerja. karen tindak bullying pasti akan mengganggu kinerja orang yang dibully maupun orang yang membuli tadi


14. meningkatkan kualitas penampilan prima

saat kita bekerja tentulah kita harus berpenamplian yang sopan karena kita akan bertemudengan banyak orang dan juga akan bertemu dengan atasan. oleh karena itulah kita harus berpenampilan yang se-prima mungkin.


15. menerapkan ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R) di tempat kerja

saat kita bekerja kita sebaiknya menerapkan 5R alias ringkas , rapi , resik, rawat, dan rajin. sehingga kita harus melakukan tugas dengan ringkas, merapikan tempat kerja kita, membersihkannya , merawatnya dan juga rajin dalam melakukan pekerjaan yang kita miliki.


16. mengembangkan kemampuan mengelola keuangan dasar

bukan hanya saat bekerja, kita juga harus dapat mengatur keuangan baik dalam bekerja atau dalam kehidupan sehari-hari.karena saat mencari pekerja tentu saja hrd tidak akan menyukai orang yang boros dan tidak bisa mengatur keuangan mereka sendiri.


17. membangun kemampuan komunikasi yang efektif

berkomunikasi saat bekerja pastilah akan sering digunakan dan jika kita tidak pansai berkonukiasi dengan orang lain, kita akan tertinggal. oleh karena itulah kita harus terus berlatih berkomunikasi dengan orang lain.


18. mempersiapkan lamaran dan wawancara kerja

saat kita sudah mempersiapkan suatu hal, pasti hal tersebut akan berjalan secara lebih baik daripada yang tidak dipersiapkan. oleh karena iu kita harus mempersiapkan diri kita .


19. mengembangkan kemampuan bekerja dalam tim

kompetisi ini sangat diperlukan karena biasanya kita bekerja dalam sebuah tim dan bukan perseorangan. oleh karena itu kia harus memiliki kemampuan untuk bekerja dalam sebuah tim dengan baik.


20. mengembangkan kemampuan dasar dalam memimpim kelompok kecil

selain kemampuan untuk bekerja dalam tim, kita juga harus memiliki kemampuan leadership alias kemampuan untuk memimpin. seperti saat ditunjuk untuk memimpin sebuah kelompok kecil untuk mengerjakan suatu tugas. dan jika kita tidak memiliki kemampuan ini mungkin tugas yang diberikan kepada kelompok tadi tidak akan berjalan mulus.


I.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.

belum dapat melaksanakan bebereapa dari kumpulan kompetisi diatas

solusi => terus mengasah diri


J.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

memiliki soft skill sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja. oleh karena itulah kita harus memahami skkni dan mempraktikan seluruh kompetisi yang menjadi acuan alias dasar bagi seluruh perusahaan di indonesian tersebut.


K.REFERENSI

- skkni 234 soft skill 2020







Posting Komentar

0 Komentar