Menguasai Digipreneurship Untuk Berwirausaha Digital
A.PENDAHULUAN
a.Pengertian
seperti yang dijelasakn di halaman kemarin, digipreneur merupakan pengetahuan yang membahas mengenai berwirausaha alias berjualan dengan melalui media digital. singkatnya digipreneur merupakan berwirausaha digital alias berjualan online. seperti tokopedia ,shopee, atau blibli.
jadi, digipreneurship merupakan pengetahuan mengenai digital marketing yang baik dan benar. seperti perencanaan, mencari dana, membuat website, dan lainnya. kita harus memahami mengenai digipreneur alias digital marketing karena perkembangan zaman sekarang yang sedang maraknya penjualan secara online.
b.Latar Belakang Masalah
sekarang merupakan zamannya industri 4.0 alias teknologi sekarang sangatlah maju, dan jika usaha kita tidak mengikuti perkembangan zaman usaha kita akan kurang laris , karena orang-orang sekarang lebih banyak yang melakukan jual beli secara online.
karena hal tersebutlah kita harus menguasai digipreneur dan meningkatkan usaha kita menjadi usaha digital.
B.MAKSUD DAN TUJUAN
halaman ini akan menjelasakn secara lebih mendalam dari sebelumnya mengenai digipreneurship alias digital marketing.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
- Pengertian Digipreneur
digipreneur merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan mengenai berwirausaha atau berjualan melalui media digital.Kewirausahaan teknologi digital telah memberikan dampak yang luar biasa di dunia. usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Ekonomi digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik.
Wirausaha digital juga telah menarik minta usaha para pebisnis milenal khususnya di perguruan tinggi.Namun potensi wirausaha digital dari pebisnis milenial tentunya perlu dikembangkan dari berbagai pihak. Pihak yang berperan besar adalah pemerintah, perguruan tinggi dan industri. Ketiga pihak tersebut merupakan organisasi yang paling kondusif dalam mengembangkan inovasi.
- Sejarah Digipreneur
semakin meningkatnya teknologi yang ada pada masa ini membuat beragam inovasi yang ada di internet, termasuk toko online. dimulai dari ali baba atau amazon. kemudian orang-orang mulai membuat toko online di internet dan juga mulai berbelanja melalui internet.
hal ini juga berdampak dengan semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Sehingga kata startup mengalami pergeseran makna dan arti, menjadi bisnis yang selalu identik dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi.
- Revolusi Industri 4.0
revolusi industri 4.0 merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. kita telah melalui perkemangan industri yang sebelumnya seperti industri 1.0, 2.0 dan 3.0 .
didalam industri 4.0 terdapat perkembangan teknologi seperti AI , machine learning, IoT, big data, cloud computing dan lain-lain.
Ada 4 hal menarik yang perlu diketahui dan dioptimalkan oleh para wirausahawan berhubungan dengan industri 4.0, yaitu :
1. Mesin lama + konektivitas cepat = manfaat baru
artinya jika kita memiliki mesin yang sudah kita gunakan sejak dahulu alias industri atau pabrik yang kita punya, kita bisa memanfaatkannya dengan menyebarkan profuksinya melalui internet yang ada saat ini.
hal tersebut akan menimbulkan manfaat baru bagi kita dan wirausaha kita.
2. Standar terbuka = ekonomi terbuka
standar merupakan sesuatu yang harus kita penuhi untuk melakukan sesuatu, jadi kita sudah dapat dikatakan melakukan sesuatu dengan baik jika kita melakukannya dengan standar yang ada.
namun jika standar tersebut sudah ketinggalan zaman, walaupun kita memenuinya kita akan tetap terlihat tidak memenuhi standar yang ada. karena kita todak mengupdate standar kita dengan standar yang ada saat ini.
oleh karena itu kita harus membuat standar kita menjadi satndar yang terbukan . artinya kita selalu up to date dengan yang dilakukan banyak orang saat ini. termasuk dalam berwirausaha.
3. Otomatisasi = peluang kerja baru
kita sudah pasti tidak mungkin bekerja secara full sehari semalam. oleh karena itulah kita harus meng-otomatisasi wirausaha kita. artinya usaha kita akan tetap berjalan walaupun kita sakit atau tidur.
caranya yaitu dengan membuat uang bekerja untuk kita , bukan kita yang bekerja untuk mendapatkan uang. caranya, dengan perekrutan karyawan sehingga kita akan membayar karyawan tersebut untuk melakukan hal yang harusnya kita lakukan. dan kita bisa meninggalkannya untuk melakukan hal lain. dan usaha kita dapat berjalan tanpa kita yang harus bekerja sehari semalam.
4. Teknologi terhubung = kemudahan dan efisiensi bagi konsumen.
yan selanjutnya asalah keterhubungan teknologi, misalnya saat ada pelanggan akan melakukan transaksi dengan toko online kita . pelanggan tersebut akan dapat elihat mengenai barang tersebut, stoknya, harganya, dan informasi lainnya.
itulah yang disebut dengan teknologi yang terhubung.
- Karakteristik entrepreneur sukses
1. Kreatifitas
adalah akar yang mendorong perkembangan produk atau jasa baru atau cara melakukan bisnis. jika kita tidak memiliki kreatifitas maka usaha kita tidak akan memiliki inovasi yang menarik
2. Dedikasi
adalah yang memotivasi entrepreneur untuk bekerja keras, jia seorang pengusaha tidak memiliki dedikasi usahanya pasti tidak akan berjalan dan akan berhenti di tengah jalan.
3. Determinasi
Determinasi adalah keinginan yang sangat kuat untuk mencapai kesuksesan. Didalamnya meliputi kegigihan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari waktu-waktu sulit. hampir sama dengan dedikasi kedua hal ini harus dimiliki oleh pengusaha digital.
4.Fleksibilitas
Fleksibilitas adalah kemampuan untuk bergerak cepat dalam merespon perubahan kebutuhan pasar. Misal, disaat ada seorang entrepreneur yang baru saja membuka usahapastry. Tapi pada saat itu yang sedang tren adalah kue brownies. Dari pada terjadinya kehilangan pelanggan, entrepreneur tersebut memodifikasi tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan pasar.
jadi kita harus fleksibel alias dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar dan menyesuaikannya dengan wirausaha kita.
5. Kepemimpinan
seorang pengusaha digital juga harus memiliki sifat kepemimpina , hal ini sangat bermanafaat jika ia memiliki bawahan atau rekan
6. Gairah
Gairah adalah yang membuat entrepreneur memulai dan terus melakukan keinginannya. Gairah memberikan entrepreneur kemampuan untuk meyakinkan oranglain untuk percaya pada visi nya.
7. Kepercayaan diri
seorang pengusaha digital tentunya harus memiliki kepercayaan diri . hal ini digunakan saat promosi kepada orang-orang atau promosi secara digital dan juga untuk menghadapi kritikan yang pasti ada darimanapun kritikan tersebut berasal
8. Cerdas
sorang pengusaha digital juag harus cerdas untuk menghindari penipuan atau semacamnya. jika kita tidak berwirausah dengan cerdas usaha kita pasti akan mendapat banyak rugi dari penipuan maupun hal-hal lainnya.
- memulai kewirausahaan digital
1. menemukan usaha digital
hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ide. seperti akan berjualan apa, bagaimana, kapan , siapa target konsumennya dan lain-lain.
Penting sekali menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, dan akhirnya mencapaian hasil terbaik. Tetapi bagaimana mencari atau menemukan ide usaha digital dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh calon pengusaha atau pelaku bisnis digital
2. melakukan riset pasar
Salah satu persiapan yang sangat pentingbagi Digital Entrepreneurs sebelum menjalankan bisnisi alah melakukan riset pasar atau riset pemasaran. Riset pasar adalah kegiatan yang dilakukan pebisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai informasi atau data yang berguna terkait masyarakat yang akan menjadi target bisnis digital Entrepreneurs perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui hal penting sebelum memulai bisnis.
Strategi melakukan riset pasar yaitu memiliki percakapan singkat dengan kontak yang merupakan bagian dari target pasar Digital entrepreneur. Memanfaatkan website atau media sosial. Media sosial yang relevan dengan target pasar, seperti facebook, Whatsapps, Instagram, atau media lainnya. media social dapat memberikan dan membantu menyediakan informasi secara gratis, target pelanggan online, group dan promosi.
3. menyusun perencanaan usaha digital
Secara singkat, perencanaan usaha merupakan suatu perencanan untuk sebuah usaha yang mendeskripsikan secara rinci terkait detail bisnis sebelum bisnis baru dipasarkan.
Perencanaan usaha digital memiliki banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk membuat perencaan usaha yang baik, antara lain:
a. Menjelaskan situasi pasar dan ukuran pasar
b. Estimasi size pasar yang ditargetkan.
c. Memuat efek dari bisnis bagi pelanggan dan masyarakat
d. Menggambarkan spesifikasi produk dan layanan
e. Keunggulana sumberdaya manusia dalam manajemen
dan operasional.
f. Estimasi situasi pertumbuhan perekonomian.
g. Ulasan deskripsi bisnis,
h. Strategi pemasaran
i. Analisa pesaing
j. Mengulas secara singkat rencana desain
pengembangan
k. Mengulas rencana operasional dan manajemen
l. Pembiayaan
4. mengidentifikasi resiko
Resiko usaha adalah suatu bahaya, atau akibat yang kemungkinan dapat terjadi pada keadaan sebuah usaha yang sedang berlangsung maupun situasi usaha yang akan datang. Sifat dari resiko usaha itu sendiri adalah tidak pasti dan sebagian besar menimbulkan kerugian.
Resiko dapat bersifat pasti maupun tidak pasti, tergantung dari usaha yang dijalankan dan bagaimana cara menjalankan usaha tersebut.Ada beberapa resiko usaha yang harus dihadapi oleh digital entrepreneurship, antara lain:
1. ketidak pastian ekonomi (economoc uncertainly caused)
2. Ketidak pastian yang disebabkan oleh alam (nature uncertainly caused)
3. Ketidak pastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainly caused).
5. membangun tim usaha digital
Digital entrepreneurship perlu memahami baagaimana membangun tim yang solid untuk bersaing dala musaha digital. Kerjasama (team work) merupakan proses untuk menyelesaikan pekerjaan berdasarkan tujuan yang telah ditentukan
Dalam usaha digital, pelaku usaha harus tau dengan siapa berkerjsama atau siapa mitranya. Siapa mitra kerjasama adalah hal yang sangat penting untuk memulai digital entrepreneur.
Misalanya layanan jasa desain krafisakan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan advertising atau web developer memiliki keterkaitan yang tinggi dengan desain grafis.dan jasa online marketing.
Digital entreneurship harus memiliki system kerja sama dalam tim menjadi salah satu karakteristik dari perusahaan yang memiliki kinerja tinggi. Tim dapat lebih cepat dan lebih banyak memecahkan suatu masalah yang dihadapi. KerjaTim lebih fleksibel dan lebih tanggap dalam menghadapi suatu tantangan persaingan dan perubahan teknologi yang
sangat cepat. Agar suatu tim menjadi efektif, seorang ahli organisasi memberikan suatu konsep tentang komposisi membangun tim kerja yang efektif. Membangun tim kerja diharapkan terdiridari orang-orang yang ditempatkan pada posisi yang benar-bebar sesuai dengan kompetensinya. Tim efektif di beberapa usaha digital memiliki kegunaan yang besar. Tim hanya dapat bekerja efektif kadi kelola dengan baik oleh pihak manajemen dengan melibatkan para anggota tim yang bersangkutan
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
dapat memahami dan mempraktikan digipreneur dengan baik dan benar
E.METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
membahas referensi bersama-sama kemudian mencoba melaksanakannya
F.ALAT DAN BAHAN
- referensi
- laptop
- internet
G.TAHAPAN PELAKSANAAN
- mendiskusikan referensi
- sesi tanya jawab
- istirahat
- kembali membahas
- dokumentasi di blog
H.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.
ada beberapa kata didalam lingkup digipreneurship yang asing didengar oleh kita.
solusi => mencari makna kata tersebut dan mendiskusikannya
I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
digipreneur sangat bermanfaat untuk meningkatkan usaha yang kita miliki, dan kita juga harus terus mempelajarinya. karena teknologi semakin berkembang.
J.REFERENSI
- E-book Digipreneur
0 Komentar