Belajar NetEss Module Group 1-2

Belajar NetEss Module Group 1-2



A. PENDAHULUAN

a. Pengertian

    NetEss adalah Module yang diberikan kepada kita saat pertama kali belajar CCNA. Module ini berisi dasar-dasar jaringan komputer dan internet. Berisi 20 Module didalamnya dan setiap 4 module akan ada Exam.


b. Latar Belakang Masalah

    Untuk memulai pembelajaran CCNA kita. kita diberikan Module NetEss untuk permulaannya. karena juga seperti namanya yaitu NetEss(Networking Essential) alias Dasar Jaringan.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

Belajar Module NetEss bab 1-2 bersama-sama


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

- Berkumpul dengan Kelompok masing-masing untuk belajar bersama-sama

- Membahas Module 1

- Membahas Module 2

- Nge-Lab membuat jaringan Peer-to-peer sederhana


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Memahami materi yang ada di Bab tersbut dan mempraktikannya di Packettracer.


E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

- Belajar kelompok


F. ALAT DAN BAHAN

- Laptop

- Internet

- Module NetEss


G. TAHAPAN PELAKSANAAN

- Berkumpul dengan Kelompok masing-masing untuk belajar bersama-sama

Sebelumnya kita memang sudah membentuk sebuah kelompok diantara seluruh anak mondok di BPN menjadi beberap tim. tujuannya supaya kita lebih mudah untuk mengawasi sudah sampai mana sih dia atau kita.

dan disetiap kelompok setiap module nya harus ada salah satu anak yang presentasi ke depan. tujuannya adalah anak teersebut memahami dengan betul module yang dipresentasikannya. karena sebelum presentasi pastilah kita akan menyiapkan dengan betul presentasi tersebut seperti pemahaman, dan lainnya. sehingga dengan adanya presentasi ini diharapkan kita akan belajar dengan betul module tersebut dan memahaminya sepaham mungkin, karena kita akana mempresentasikannya.

Di tim saya ada 7 orang anak dan total ada 20 module. jadi satu anak ada yang dapat 3 module untuk presentasi dan ada yang cuma dapat ddua module. kebetulan saya dapat module 2, 10 dan 17


- Membahas Module 1

Setelah berkumpul dengan tim kita masing-masing dan kita juga sudah membagi-bagi bagian module yang akan kita presentasikan, barulah kita melakukan presentasi. 

di Module 1 yang berjudul "Communication in connected world" ini berisi mengenai dasar-dasar jaringan atau perkenalan terhadap suatu hal yang bernama jaringan komputer atau internet.

dan juga berisi mengenai jenis-jenis jaringan komputer LAN, MAN, WAN. apa itu Bandwidth/Throughput, Client-Server dan Komponen-komponen jaringan komputer.


- Membahas Module 2

Di Mdule 2 ini kebetulan saya sendiri yang presentasi, karena sebelumnya saya sudah pernah belajar module NetEss, mudah bagi saya untuk menjelaskan materi-materi disana.

Module yang berjudul "Online Components" ini berisi mengenai komponen-komponen jaringan (Host, Peripheral, Network Device, Network Media) , didalamnya juga bersisi mengenai jenis-jenis jaringan wireless seperti GPS, WIFI, NFC, Buetooth dan juga penjelasan mengenai perbedaan antara topologi Fisikal dan Logical, apa itu MAC-Address, IP address, Subnetmask, Default Gateway.


- Nge-Lab membuat jaringan Peer-to-peer sederhana

Setelah selesai membahas 2 Module ada yang mengusulkan untuk melakukan Lab alias mempraktekan materi yang kita pelajari tadi di packettracer atau real devices. 

karena di dalam presentasi tadi banyak yang belum paham sepenuhnya mengani ip address, subnetmask dan semacamnya. maka di lab ini kita akan belejar untuk mengimplementasikannya. tujuannya supaya kita sepenuhnya paham mengenai ip address dan subnetmask tersebut.


H. TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.

I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

    Di BPN ini model pembelajarannya berbentuk belajar bersama dimana salah satu dari kita akan maju untuk menjelaskan 1 module. Tujuannya supaya orang yang akan maju presentasi tersebut belajar dan memahami sepenuhnya mengenai module yang dipresentasikannya. dan membagikan pemahamannya ke teman-teman yang lain.


J. REFERENSI

- Kegiatan hari ini

- Module NetEss bab 1-2


K. TARGET WAKTU

- Jam produktif (08:30-12:00, 16:00-18:00, 20:00-22:00)




Posting Komentar

0 Komentar