Pengertian Dan Perbedaan SOP Dan SoW

  Pengertian Dan Perbedaan SOP Dan SoW




assalamualaikum wr wb.

Di dalam dunia kerja pastilah ada yang namanya SOP dan SoW . dan bagi pekerja sudah seharusnya untuk mengetahui pengertian dari kedua itu .

oleh karena itu ,halaman kali ini akan menerangkan pengertian dan perbedaan dari SOP dan SoW.

dan jangan lupa setelah mengetahui pengertian dari kedua hal tersebut jangan lupa untuk menerapkannya di dunia industri.



A. Pengertian SoW

SoW alias Statement Of Work . adalah dokument yang berisi perencanaan yang terperinci mengenai hal yang direncanakan untuk mencapai tujuan suatu pekerjaan.


jadi , SoW adalah dokument perencanaan suatu pekerjaan . biasanya berisi hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan suatu pekerjaan.

 

SoW biasanya berisi tentang langkah-langkah ,tujuan ,ruang lingkup,hasil yang di harapkan dan lain-lainnya dalam suatu pekerjaan.


aspek-aspek SoW :

- Pendahuluan :

berisi mengenai latar belakang dimulainya pekerjaan. siapa yang akan terlibat. siapa yang bertanggung jawab. dan lain-lain.

- Tujuan Proyek

- Lingkup Pekerjaaan : 

menerangkan hal-hal yang mungkin dilakukan atau apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

- Lokasi Pekerjaan

- Langkah-langkah yang akan dilakukan

- Milestone :

alias batasan waktu dikerjakannya suatu tahapan pekerjaan tadi. jadi suatu tahap akan ditentukan batasan waktunya sendiri-sendiri.

- Hasil Yang Diharapkan

- Jadwal :

jadwal dikerjakannya tahapan-tahapan tadi.

- Standard dan Pengujian :

standar dari tahapan tadi dan menguujinya.

- Definisi Keberhasilan Pekerjaan Yang Dilakukan

- Persyaratan yang harus dimiliki :

syarat di lakukannya suatu pekerjaan.

-  anggara

- Lain-lain

berisi hal-hal yang ada di suatu pekerjaan tersebut yang mungkin tidak ada dalam daftar diatas.


Intinya SoW adalah langkah-langkah alias hal yang akan dilakukan dalam suatu pekerjaan. 

dan jika suatu pekerjaan tidak memiliki SoW pekerjaan tersebut pasti akan berantakan. karena tidak memiliki langkah-langkah yang pasti.


B. Pengertian SOP

SOP atau Standard Operating Procedure merupakan dokumen yang berisi petunjuk langkah demi langkah untuk memandu karyawan tentang cara melakukan proses teknis yang berulang dalam suatu organisasi.

SOP adalah standard operasi bagaimana seorang pekerja menjalani suatu prosedur atau SoW.
jadi SOP adalah aturan main bagaimana seorang pekerja menjalani SoW.


Tujuan dibuatnya SOP adalah untuk membuat cara standar kerja di perusahaan dengan baik untuk menciptakan konsistensi. mengurangi resiko kecelakaan kerja. dan meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.


Suatu SOP biasanya berisi :

  • Judul
  • Pendahuluan : 
berisi tujuan sebagai pengingat agar tujuan pekerjaan dapat tercapai
  • Cakupan SOP :
berisi hal-hal yang mungkin dilakukan dalam SOP
  • Kontak :
identifikasi untuk siapa dokumen tersebut ditujukan, daftar peran dan tanggung jawab, dan informasi kontak untuk personel koordinasi.
  • Glosarium :

berisi daftar bahasa atau kata yang mungkin susah dimengerti.

  • Prosedur langkah demi langkah :

berisi petunjuk langkah demi langkah yang harus dilakukan pekerja . bahkan terkadang tahap ini berwujud flowchart alias diagram alir.

  • Daftar Periksa :
daftar periksa perlu disertakan dalam dokumen SOP untuk memudakan karyawan dalam memahami buku pedoman tersebut .



C. Perbedaan SOP dan SoW

 

 

setelah membaca pengertian dari SOP dan SoW mungkin kalian bertanya , lalu apa perbedaanya ? . 

jadi, perbedaanya adalah SOP adalah aturan main yang harus dilakukan untuk menjalani SoW .

jadi SoW adalah intruksi atau struktur dalam melakukan suatu pekerjaan .sedangkan SOP adalah standar atau aturan main yang digunakan dalam menjalani SoW tadi.



Bgitulah pengertian dan perbedaan dari SOP dan SoW . semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kata yang salah. Demikian dari saya 

wassalamualaikum wr wb.



 




Posting Komentar

0 Komentar