Apa itu perencanaan karir dan apa keuntunganya bagi diri sendiri

 Apa itu perencanaan karir dan apa keuntunganya bagi diri sendiri


        assalamualaikum wr wb. blog kali ini akan menjelaskan apa itu perencanaan karir dan seberapa pentingnya hal tersebut .

 

        Di dalam dunia kerja/bisnis pastilah terjadi banyak persaingan seperti usaha orang lain yang semakin maju atau orang lain yang lebih mahir daripada kita dll. oleh karena itu kita harus memiliki perencanaan karir yang matang dan konsisten menjalankannya .

Apa itu perencanaan karir

       


 

        seperti yang diterangkan diatas kita memerlukan perencanaan karir yang matang supaya dapat mencapai puncak karir.

 

        sebelumnya pahami dulu tentang apa itu karir. Karir adalah kemajuan dan peningkatan sebuah profesi seseorang. jadi agar kita bisa meningkatkan jabatan atau gaji kita , kita harus memiliki perencanaan karir. Berikut adalah sepuluh perencanaan karir supaya mencapai peningkatan dalam karir kita :

 

1. Menyusun Visi dan tujuan

        agar kita mencapai peningkatan dalam karir kita kita harus menyusun visi dan tujuan supaya apa yang akan kita lakukan sudah jelas karena kita sudah merencanakannya. tanya kepada diri sendiri apa yang ingin kalian capai dalam setahun kedepan , atau lima tahun kedepan, atau sepuluh tahun kedepan. 

 

2. Kenali diri sendiri

        kedua kita harus mengenali diri sendiri. apa kelebihan kita, apa kekurangan kita, passion kita, hobi kita. Dan jangan hanya fokus kepada kekuranganang ada dalam diri kita. tapi terus tingkatkan potensi yang ada dalam diri kita.


3. jangan fokus kepada kegagalan

        Setiap kali kita berusaha dan mencoba sesuatu kita pasti menemukan yang namanya kegagalan , entah karena diri sendiri atau keadaan alam yang sedang terjadi. Namun jika kita menyerah hanya karena gagal satu atau dua kali kita tidak akan mencapai puncak karir. 

 

        Sebaliknya kita harus belajar dari kegagalan tersebut dan tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk yang kedua kali.


4. Terus fokus meningkatkan potensi yang ada dalam diri sendiri

        didalam diri seseorang pasti ada kekurangan dan kelebihan . seperti yang diterangkan di atas . kita jangan hanya fokus pada kekurangan, namun kita harus meningkatkan potensi yang ada dalam diri sendiri.

        misalnya , jika kita tahu bahwa diri kita memiliki bakat atau potensi di dalam diri sendiri . kita kita harus konsisten untuk mempelajarinya lebih dalam , dan jangan senang hanya karena kita bisa melakukan sesuatu.

 

5. Mengikuti Passion atau bakat sendiri

        jika kita bekerja mengikuti passion atau bakat yang kita miliki . pastinya pekerjaan kita akan terasa senang dan mudah. misalnya orang yang memiliki hobi bernyanyi memutuskan untuk menjadi penyanyi, orang yang hobi mengotak-atik mesin bekerja di servis honda dan mobil da masih banyak lagi.

        oleh karena itu dari sekarang kita harus mengikuti hobi dan passion yang kita miliki .

 

6. Mengikuti perkembangan zaman

        Di zaman ini, terjadi perkembangan zaman yang sangat cepat dan jika kita tidak mengikutinya kita akan menjadi orang yang ketinggalan zaman.

        mengikuti perkembangan zaman sangat penting untuk perencanaan karir karena dengan mengikuti perkembangan zaman kita akan selalu up to date apa yang pelanggan sukai dan apa yang sedang nge-tren saat ini.

 

7. Merencanakan karir dengan metode "SMART"

         SMART adalah singkatan dari spesific, measureable, achieveable, relevant dan time bound. artinya : 

        - spesific : artinya harus spesifik akan menjadi apa, bagaimana caranya ,mengapa profesi tersebut dll.

        - measureable : artinya dapat diukur, contoh ingin menjadi web developer, ingin menjadi pilot, doktor, dan sebagainya .

        - achieveable : artinya dapat diraih, bukan seperti "tujuanku adalah menjadi penguasa dunia" hal tersebut tidak achieveable alias tidak dapat diraih.

        - relevant : artinya realistis . maksudnya jika kita fresh graduate harap untuk mrmiliki gaji yang tinggi.

        - time bound : artinya memiliki batas waktu seprti setahun mendatang , lima tahun mendatang dll.


8. Menjalankan perencanaan dengan disiplin

       kemudian setelah kita menyusun perencanaan kita, kita harus menjalankannya dengan disiplin, konsisten,dan kontinyu. Akan jadi percuma jika kita membuat rencana namun tidak menjalankannya.


9. Tingkatkan terus level kemampuan dan pendidikan

        Jika terasa masih belum cukup, terus tingkatkan kemampuan ke level yang lebih tinggi . Kalau mau ikuti pendidikan tingkat lanjut seperti s2 atau s3 dan seterusnya.


10. Lakukan evaluasi perencanaan karir secara berskala

        Selain menjalankan perencanaan dengan disiplin dan kontinyu. evaluasilah perencanaan tersebut secara berskala.

        Misalnya sebulan sekali, setengah tahun sekali ,setahun sekali. terus evaluasi perencanaan tersebut sesuai perkembangan zaman dan untuk merubah rencana yang kurang tepat.


Penutup

        demikian 10 langkah perencanaan karir. intinya jika sudah memiliki perencanaan karir jalankan rencana tersebut dengan kontinyu. mohon maaf apabila ada kata yang salah ,wassalamualaikum wr wb.








Posting Komentar

0 Komentar